My Melody Is Cute

Jumat, 09 April 2010

Apakah Ini Cinta ?

Bel berbunyi ketika aku memasuki gerbang sekolah . ” Untung aku tidak terlambat” pikirku . Aku bergegas memasuki kelas . Hari ini adalah hari yang ku benci, tentu saja karena pelajaran matematika . Aku selalu mendapat masalah di pelajaran ini . Seperti biasa kelas tak pernah tenang, selalu saja ada keributan . Tak disangka guru matematika kami datang dengan membawa seorang murid laki-laki. Kelihatannya dia seperti murid baru, dan benar saja dia memang murid baru di kelas kami. Dengan gagahnya, murid baru itu memasuki kelas kami membuat semua murid teralihkan perhatiannya. Dengan segera Bu Ratih, guru matematika kami mempersilahkan murid baru itu untuk memperkenalkan diri.
” Selamat pagi.” murid baru itu mulai berbicara .
” Saya Evan . Sebelumnya saya bersekolah di Australia karena ayah saya bekerja disana . Namun terpaksa saya harus kembali ke Indonesia karena sekarang ayah saya bekerja disini .” nadanya terdengar arogan .
Ketika bu Ratih mempersilahkan Evan untuk duduk, aku yakin dia bakal duduk sebangku bersamaku karena hanya bangku disebelah akulah yang masih terlihat kosong . Dan lagi-lagi pikiranku benar, dia duduk di sebelahku . Sebenarnya aku tidak terlalu suka dengan anak baru itu, sepertinya dia sombong.
” Hai Evan . Kenalin aku Denia .” aku mengulurkan tanganku untuk menjabat tangannya. Betapa geramnya aku ketika dia hanya melirikku acuh tak acuh dan mengabaikan uluran tanganku. ” Uuuh .. tuh kan bener ! Dia tuh sombong banget . Aku yakin aku takkan betah duduk sebangku dengannya .” geramku dalam hati.
Bel istirahat berbunyi , kebetulan sekali cacing-cacing di perutku sudah minta diberi makan . Aku bergegas menuju kantin . Aku memesan semangkuk baso kesukaanku dan segelas orange juice . Aku menyantapnya dengan lahap , namun seketika selera makanku hilang karena melihat si anak baru itu seolah-olah tebar pesona pada sekumpulan cewek-cewek centil .
” Wiih dasar cowok nyebelin . Aku akuin sih dia emang ganteng . Tapi kelakuannya gak banget deh !!” gerutuku .
” Hei Denia ! Kenapa kamu ? Kok mukanya cemberut gitu sih ?” Tiba-tiba saja ada yang mengagetkanku.
” Eh Kinan . Itu tuh . Coba deh liat kelakuan si Evan . Sok tebar pesona gitu sama cewek-cewek.”
” Trus kenapa ? Biarin aja lah !”
” Iya tapi kan ...” aku tidak melanjutkan perkataanku karena bel sudah berbunyi .Kami segera bergegas masuk kelas .
Sebulan sudah berlalu . Pagi-pagi sekali aku sudah sampai di sekolah . Jarang-jarang aku datang sepagi ini . Setelah sekian lama menunggu, akhirnya bel pun berbunyi . Evan belum sampai dikelas . Aku terus memandang ke arah pintu sampai akhirnya Evan datang juga . Dia langsung duduk disebelahku, menatapku tanpa ekspresi dan setelah itu pandangannya lurus kedepan. Lama sekali aku menatap wajahnya dan ia terlihat sangat menawan . Hampir semua cewek dikelasku tertarik padanya . Jika saja sifatnya tak seperti itu, mungkin saja aku pun sama dengan mereka ”suka padanya” . Tiba-tiba saja suaranya membuyarkan lamunanku .
”Ada apa ?” suaranya terdengar sinis .
Aku segera menjawabnya . ”Oh..oh.. tidak ada apa-apa !”
” Kalau begitu tak usah menatapku seperti itu .”
Bu Dewi, guru sejarah kami pun akhirnya datang juga . Selama jam pelajaran, aku tak pernah bisa berkonsentrasi karna banyak sekali pikiran dalam benakku .
“Mungkinkah aku menyukai Evan? Tapi ga mungkin . Dia begitu sinis padaku . Aaaaah ...” jeritku .
Seisi kelas langsung menatapku heran . Akupun tak sadar telah berteriak sekencang itu .
“Ada apa Denia?” seru Bu Dewi .
“Hah .. apa ? hmm .. tidak ada apa-apa kok bu” jawabku terbata-bata.
“Lalu kenapa tadi kau berteriak?”
“Itu bu .. eh ada kecoa . Iya ada kecoa bu!”
“Oh hanya itu . Anak-anak ayo lanjutkan pekerjaan kalian.”
Enam bulan telah berlalu . Dan entah mengapa perasaan ini terus muncul . Mungkin benar ini yang namanya cinta . Walaupun sampai saat ini dia selalu sinis padaku, tapi justru karna itu aku tertarik padanya . Sampai suatu hari aku memutuskan untuk menyatakan perasaanku pada Evan . Sebenarnya aku sudah tau bahwa dia akan menolakku dan benar saja dia tidak merespon sama sekali . Sepulang sekolah aku langsung bergegas pulang ke rumah . Air mata ini sudah tidak dapat dibendung lagi . Sesampainya dirumah, aku langsung berlari menuju kamar dan membanting pintunya . Aku menangis tersedu-sedu . Seharusnya aku tidak menyatakan perasaanku pada Evan .
Tiba-tiba ibuku mengetuk pintu .
“Denia .. Denia ..” panggil ibuku .
“Ada apa bu? Aku sedang tidak ingin diganggu”
“Ada yang mencarimu nak.”
“Siapa bu?”
“Ibu tidak menanyakan namanya. Ayo cepat sana temui dia”
“Iya sebentar.”
Akupun mengusap air mata diwajahku dan bergegas menemui orang itu . Betapa kagetnya aku ketika aku tahu bahwa yang datang kerumahku itu adalah Evan .
“Evan !” seruku kaget.
“Hei Denia !” kata Evan.
“Ngapain kamu kesini?” dengan suara sinis.
“Hmm .. soal tadi . Aku mau minta maaf sama kamu.”
“Ga perlu . Sebaiknya kamu pulang aja.”
“Ga ! Aku ga bakalan pergi seblum kamu maafin aku . Dan satu lagi, ada yang pengen aku bicarain juga sama kamu.”
“Oke.. kamu boleh masuk”
Akhirnya aku membolehkan dia untuk masuk . Selama beberapa menit tidak ada suara . Dan akhirnya aku memulai pembicaraan.
“Katanya ada yang mau kamu omongin . Apa?”
“Gini, aku minta maaf banget atas kejadian tadi.” “Terus?”
“Ada satu hal lagi, mungkin ini bakal nyakitin hati kamu . Sebenarnya sebelum aku pindah ke Indonesia, aku udah punya pacar disana. Dan sampai saat ini, aku masih sama dia .”
“Hah? Apa ? Jadi Evan udah punya pacar?” tanyaku dalam hati.
“Denia .. sekali lagi aku minta maaf ya ! Gimana kalo kita sahabatan aja ? Sebenarnya aku udah lama pengen berteman akrab sama kamu. Cuma ya itulah kekurangan aku. Aku kurang bisa mendekatkan diri sama siapapun. Jadi kamu maukan maafin aku dan jadi temen aku ?”
“Iya deh aku maafin kamu dan jadi temen baik kamu.”
“Makasih ya atas pengertian kamu. Aku harap kamu bakal jadi temen terbaik aku.”
“Tentu aja.”
Yaa.. walaupun ga seperti apa yang aku harapkan tapi mungkin suatu saat aku dan Evan bisa lebih dari sekedar sahabat .

7 Tips PDKT

1. Tips PDKT lewat SMS
Kalo lo baru kenal ama gebetan lo, nanya dulu no. hpnya pas ketemu, atau kalo udah lama kenal ya nanya juga (siapa tahu belum punya no.hpnya , hahaha).

Kalo udah tau no. Hpnya, jangan langsung sms, tunggu sampai malam (jangan jam 12), ya kira2 jam 8.00 atau jam 8.30 malam lah, baru lo sms. Pas lagi sms usahain sms lo jangan ada unsur “seakan-akan lo mau pdkt”, buat lo mau jadi temennya dia.

Dan kalo dia, bilang “gw lagi blajar ni, sms nya nanti aja ya?” mending lo mundur aja, tapi kalo dia bilang “gw lagi blajar ni, bantuin/temenin gw dong” that’s a signal.

Please, kalo baru pertama kalo sms, jangan tanya :
a.    Lagi apa?
b.    Ganggu g?
c.    Cowonya marah?
d.    Ada yang marah g kalo gw telf?
e.    Ini siapa?
f.     Mau g jadi pacar gw?
g.    Lo sukanya musik/film/buku apa?
h.    Udah makan belum?
i.     Jangan ada kata “bales!, BLZ, Bales ASAP, CEPET, URGENT”, kayak lo lagi sms polisi aja

Kalo mau sms tanya aja,
a.    Lo kuliah/sekolah dmn?
b.    Udah kelas/semester brp?
c.    Kuliahnya ngambil jurusan apa?
d.    Kerja di bagian apa?
e.    Suka dengerin Jason Mraz g? (atau apa lah)
f.     Besok gw mau ujian/ada tugas, tapi gw belum belajar apa-apa?

Setalah lo sms dia, lo harus liat apa respon dan balesan dari dia, cepet/lamanya, panjang/pendeknya, ada atau tidaknya tanda tanya(?), kalau sms balesannya panjang, balesnya cepet, dan ada tanda tanyanya,..wawww signal positif lagi..
Kalo respon dari dia cukup positif, please sms hanya pada 3 hari pertama setelah itu biarkan dia yang sms lo duluan, kalo memang di hari ke 4 dia sms lo, berarti dia udah mulai nyaman sama lo, tapi kalo belum ada sms di hari ke 4 coba lagi di hari ke 5 lo sms duluan, dan liat responnya lagi, dan lihat besoknya, masih belum ada respon atau udah ada respon dengan dia sms lo duluan. Kalo belum ya, smsnya udah dulu ya, lo sms lagi tanggal 32 bulan berikutnya.

2.    Tips PDKT Lewat Facebook, tidak disarankan lewat friendster, norak ah..
Tidak bisa dipungkiri, facebook udah mewabah, sehari saja tidak buka facebook wawww, bisa stress kali..(leboy mode:on)
Jadi karena emang di facebook temennya buannnyyyaaakkk banget, this is the step!
1.    Cari siapa yang mau lo pdkt, kalo udah ada di friendlist lo ya liat-liat aja dulu, kalo belum jadi cari lahhh…
2.    Jangan lupa di ADD yahh..
3.    Riset, heheheh… liat dulu udah punya pacar belum, kalo udah ya jangan, kalo belum, SIKATTT!!!
4.    Riset yang sesungguhnya, liat dia orangnya gmn, sifatnya, kebiasaanya, atau minimal tanya ke temen lo yang temenan ama dia,
5.    Comment maksimal 2x di facebooknya (termasuk foto, wall, notes, link, video), jangan lebay, ikutin arus aja.
6.    Kalo, pas lo lagi sama-sama online, coba chat ama dia
1.    HI
2.    Lo kuliah di UI ya (misalnya)
Cukup, cukup itu aja, kalo ga ada balesan, coba 1 bulan kemudian, sampe dia lupa lo pernah ngajak dia chat, sambil nunggu 1 bulan, usaha nyari yang lain (hahahah..), TAPIIIII kalo emang dia bales chat lo, langsung suruh dia add ym atau msn lo. Ga punya? Ya buat lahhh… karena kalo dia mau add ym atau msn lo, itu berarti dia siap berteman sama lo.
7.    Selesai…, heheheh, karena udah di add ymnya, ya langsung chat di ym aja ya, please, jangan sering-sering comment di facebooknya, maximal 2 kalo belum kenal, kalo udah maximal 4, kalo udah temenan atau bahkan jadian minimal 100. Hahah…

3.    Tips PDKT lewat Yahoo messenger (YM) dan MSN (Windows Live Messenger)
Ya, bisa disadari atau tidak PDKT lewat YM dan MSN adalah sangat-sangat-sangat powerfull. Why? Kenapa? Maksudnya? Sabar, heheheh.. Jadi begini, kalau kita baru pdkt trus intensitas dari smsan lo ke target terlalu besar, maka bisa dipastikan, target akan bosan dan sangat mungkin akan menjauhi lo.

Dan kalo lewat messenger, ya lo mo buzz dia, deket-deket, sering-sering chat juga gpp. Udah biasa juga kalo di dunia cyber hal itu. Dan, sekali lagi, dan biasanya cewek akan cenderung mudah nyaman sama cowo yang chat sama dia, atau sebaliknya. Kenapa? Ya karena saat target lagi butuh, kita bisa datang gitu aja sebagai pahlawan. See?? Jadi, kalo lo mau pdkt tapi belum kenal-kenal banget sama target atau bahkan sudah kenal tapi belum teralu akrab ya boleh lah dicoba dengan messenger. Caranya?

DON’T!
1.    Melakukan BUZZ yang telalu sering (norak)
2.    Ngirim AUDIBLES terlalu sering (SUPERNORAK)
3.    Kalo belum di bales, please jangan suruh dia cepet-cepet bales, sabar mas!
4.    Jangan menggunakan emoticon yang berlebihan, apa lagi ngirimnya salah emoticon, harusnya sedih, malah dikirim yang ketawa (rolling on the floor)
5.    Ga beda jauh sama sms, jangan kebiasaan mulai chat, biarkan seirama dan saling memulai
6.    Jangan keliatan baru tahu messenger ya, norak-norak call, webcame, emoticon, audibles, seperlunya aja..
7.    Jangan kelamaan kalo bales, atau kecepetan.. liat sikon ya..
DO
1.    Sering lah menggunakan kata hahahah… jadi chat lo lucu dan buat cewe itu nyaman
2.    Buatlah jalan chat menjadi nyaman, gunakan bahasa yang down to earth, jangan gunakan bahasa yang sok-sokan, apalagi tulisan gede-kecil.
3.    Di ym itu ada Imvironment yang namanya doodle, jadi skalian ym bisa skalian maen games dan gambar-gambar, biar lucu..
4.    Tunjukan diri lo yang lucu saat chat, dan bisa jadi serius kalo dia butuh lo serius
5.    Terus nanya / chat lo ada tanda tanyanya(?), biar dia ngerasa lo mau chat ama dia terus.
6.    Messenger pake account sendiri ya, jangan pake punya temen, ntar temen lo yang usaha
7.    Lo harus update dan terlihat cerdas, kan bisa sekalian chat skalian browsing, please kalo chat, ngomongin berita-berita yang baru, jadi cewe itu bakal ngomong “update ya dia”

4.    Telephone
Jangan terlalu sering telf kalo g penting, karena lo bisa dianggap sebagai pengganggu. Maksimal 2 kali. Kalau udah yakin banget mau jadian baru deh bisa sering-sering. Dan kalo nelf juga jangan pake GSM ya, lo akan terlihat boros dan ga hemat. Pake CDMA aja.

lihat waktu dan jam saat lo telfon target. jangan tefon lebih dari jam 9 malem ya. kecuali emang dia yang minta buat lo telfon dia. dan kalo mau telfon untuk yang pertama kali, izin dulu ya. biar dia nggak shock pas lo telfon.

kalau lo mau telfon ke  rumahnya, tanya langsung sama target ya no.telfon rumahnya. karena beberapa cewe nggak suka kalo lo telfon ke rumahnya. dannnn, kalau telfon ke rumahnya, ucapkan salam dulu ya, agar supaya kerena ehehhe.. agar  yang angkat telfon akan merasa lo orang yang sopan.

5.    Surat
Oh My GOD, udah ga jaman juga kali ya.. biar masih banyak orang yang bilang kalau pakai surat lebih romantis, tapi tetep aja norak. Dan pastinya sampainya kapan ya? Hehehe. Kalo diantar langsung lewat temen juga, norak ah.

sesekali boleh lah dicoba, sedikit puisi cinta dan dikasih dengan coklat, wawwww.. cewe mana yang nggak suka kalau ada yang ngasih coklat. mayoritas cewe suka di kasih coklat. apa lagi kalay lo ngasihnya dengan cara meletakkan di meja kuliah/kantor atau di tasnya dia. jangan lupa kasih nama lo ya. dan jangan lupa pita pinknya. so sweeett.. hahahah…

6.    Offline
Ini tahap terakhir dan yang paling penting dari semuanya. Bisa-bisa aja si kalau lo pdkt ga pake cara yang lain. Langsung offline. Bolehlah kalau udah kenal. Udah temenan. Tapi tetap saja menurut gw ya harus ada sms, chat, facebook.

Untuk proses pdkt lewat offline atau ketemu langsung, ini lumayan seru. Lumayan deg-degan. Hahaha…

DO
1.    Ajak makan bareng, cafe-cafe yang standar aja. Yang kejangkau sama lo berdua. Jangan sok-sokan makan di pizza hut, kalau lo sendiri aja belum pernah kesana. Atau jangan sok-soakan ajak ke starbucks tapi lo ga tau itu toko apa. Hahah…
2.    Kalo ajak makan atau minum, boleh juga bawa laptop (cafenya yang ada wifinya ya) biar skalian becanda-canda lucu-lucuan pas liat web. Apalagi web http://www.maksumpriangga.com/blog
3.    Ajak nonton, nonton film yang dia suka, please jangan yang porno ya. Langsung ILFIL sama lo. Yang lucu boleh, yang romantis, yang horror boleh, kalo target suka horror kenapa nggak, tapi jangan sampe nanti malah lo yang kelihatan takut. Hahah
4.    Anter kemana dia suka, shoping, warnet, toko buku, perpustakaan, dan lo harus maksain diri lo nyaman saat nemenin dia. Keep smilling..
5.    Sesekali ajak ketempat biasa lo pergi juga boleh, ke tempat lo ngumpul sama temen lo, ke toko buku, jadi biar dia ngerasa lo anggep.
6.    Sebisa mungkin terus lucu. Buat dia keetawa-ketawa terus. Ajak ke dufan juga seru.
7.    Ajak dia ketempat yang dia belum pernah datengin juga boleh, misalnya seminar, balap motor, balap mobil, buat dia merasa kalo sama lo dia akan berkembang dan tambah ilmunya
8.    Buat dia nyaman di deket lo, intinya taget itu akan timbul sayangnya sama lo, kalau lo buat dia nyaman sama lo.
9.    Ngertiin dia, inget Lagunya Adaband, “karena wanita ingin di mengerti”, ya itu yang buat gw bisa jadian sama cewe gw sekarang.
10.    Ajak jogging bareng juga lucu.

DON’T
1.    Jangan ngerokok saat bareng sama target, bau, norak, dan buat hampir sebagian besar cewe ga nyaman dengan asap rokok
2.    Pas makan, plese ya jangan sendawa, jangan jorok, jangan ngorek-ngorek gigi didepan dia, apa lagi, sorry “ngupil”. Yiakk, lo bisa buat target lo JIJIK ama lo..
3.    Jangan sering-sering telfon-telfonan atau sms sama cewe lain di depan dia, karena akan ngebuat dia, mikir kalo lo playboy
4.    Jangan ajak nonton film porno ya
5.    Jangan kasar sama cewe, jangan paksain kemauan lo, ngertiin lah apa maunya dia
6.    Jangan sok-sokan ke tempat makan yang mahal ya, nanti ga mampu bayar, malu
7.    Jangan ambil kesempatan pegang tangan di 21. Hormati wanita.
8.    Jangan curi-curi kesempatan buat lirik-lirik cewe lain pas lagi jalan sama lo
9.    Jangan buat dia sedih
10.    Jangan cuek deh
11.    Jangan cemberut, apa lagi pasang muka pangen “pup”. Najis dehh.
12.    Jangan sok lucu juga ya, kalau kata dosen gw, ngelucu juga harus cerdas. Caranya? Cari lawakan-lawakan di internet, di toko buku juga banyak yang jual. Tebak-tebakan juga boleh.
13.    Jangan ngomongin orang ya, apalagi ngomonngin cewe lain didepan target. Ya ammpunnn…
14.    Jangan diem aja ya. Mulai pembicaraan yang hangat, biar target ngerasa nyaman pas ngomong ama kita.

7.    Berdoa
Semua udah di usahakan, ingat, manusia Cuma bisa berusaha tapi ALLAH lah yang menentukan. Sering-sering berdoa dan beribadah. Insya ALLAH kalau kita Ikhlas, semua jalan akan terbuka. Aminn..

 

Benci (Beneran Cinta)

"....Aaaaaaaaardy!! dasar Lo!!!!!!!!!!!!!!!! Gua Benci sama Lo "
Teriakan Ara malah bikin ketawa si Ardy makin menjadi-jadi. Yaps! Baru aja Ara dijailin sama cowok ganteng itu. Ceritanya gini, Ardy ngasih satu dus donnuts sama Ara. Ara awalnya nggak mau terima, karena Ara takut dijailin sama Ardy. Tapi ardy meyakinkan Ara, Kalo donnuts itu nggak ada apa-apanya. So, Ara menerima pemberian Ardy sambil tersenyum gembira.Oow!! Ara langsung shock pada waktu membuka dus donnuts itu. Di dalamnya ada donnuts plus tikus putih yang paling dibenci Ara. Ih.. Jijik yaa...???
Spontan saja, si Imut Ara langsung menjerit sekeras-kerasnya sampai membuat semua siswa yang ada di koridor kaget. Dilemparnya dus donnuts itu ke lantai. Lalu, dia berlari mengejar si Ardy."Hooooooooooii! dasar gila Lo!! Nggak punya otak banget sih?" Teriak Ara. "Hahahaha!! Emang enak gue kerjain?! Makan tuh donnuts nya!" Seru Ardy. Dengan muka dongkol, Ara membalikkan badannya."Huh! Gue sumpahin motor Lo mogok di tengah Jalan!" Gerutunya. Haha. Emang dasar anak zaman sekarang! Jailnya keterlaluan. Aneh-aneh semua! Wah-wah...Nah, pulang sekolah, Ara, Nita sama Vanya memutuskan buat main ke Rumahnya Ara. Eh, pas di Jalan, mereka bertiga melihat Ardy berdiri dengan muka kebingungan disamping motornya. "Mogok ya Mas???" Tanya Ara."Apa urusan Lo!" Kata Ardy cuek."Yee... Orang cuma nanya!" Jawab Ara. Ardy cemberut."... Makannya, jadi manusia jangan suka jailin sesama. Ntar kena batunya. Iya nggak?" Kata Nita. Dua temannya mengiyakan."Yuk, kita cabut! biarin aja dia sendirian!" Ajak Vanya.".. Eeh,tunggu dulu!!" Cegah ardy."Ada apa lagi si ah?? Udah, hayo kita cabut aja." Mereka bertiga pergi ninggalin Ardy yang merengut sendirian. Sebenernya, Ara merasa kasihan juga sama Ardy. Tapi..." Ra, Lo kenapa diem mulu sih dari tadi?" Tanya Vanya."Iya, Ra. Kenapa?"Ara menghela napas. "Gue Kasihan sama Ardy. Mendingan kita bantuin dia yuk?""Aduh Ara!!!, ngapain dibantuin? Dia kan Jahat sama Lo! Udah ah!" Nita menarik tangan Ara yang masih kepikiran dengan Ardy. Ya, Ara pasrah aja! Dia sebenarnya pengen balik lagi ke sana. Tapi, dia malah ingat semua kesalahan Ardy sama Dia yang membuat dia membatalkan niatnya. Wong dia pikir, Ardy Juga udah jahat sama Dia! Besoknya di sekolah, Ada Ujian matematika yang dilaksanakan mendadak. Ara dan dua sahabatnya langsung bingung. Tadi malam, mereka nggak ngapalin karena nggak tau hari ini ada Ujian. Begitu Juga semua teman-teman sekelasnya. Eh! kecuali Ardy. Dia keliatan tenang dan siap. Yaps, sebenernya Ardy itu smart terus selalu dapet ranking pertama di kelas. Tapi sayang, dia nakal. Lebih tepatnya sih, Jail! Ardy nyamperin Ara yang lagi khawatir, takut Ujian nilainya jeblok. Ardy lalu membisikkan sesuatu sama Ara. "
..Ra, tenang. Nanti Gue kasih tau!" Ujar Ardy. "
Ah! Ngga usah!"
".. Ara, Lo mau nilai lo jelek??"
Ara kesal.
"Lo itu maunya apa sih? udah! balik sana ke bangku lo!"
"Yakin, Nih, nggak mau??"
"Kagaaaaaaaaaaaaaak!"
"Ya Udah!"Ardy berbalik dan hendak ninggalin Ara. Tapi, tiba-tiba, Ara berubah pikiran.
"Eh, Ar! Tunggu!"
"Lho, katanya nggak mau??" Tanya Ardy. Ara tersenyum.
"Iya deh. Gue mau. Tapi awas, harus bener semua ya?"
"Sipp Bos!!"Hehehe, akhirnya, Ulangan pun dimulai. Bu Nia yang galak langsung membagikan soal dan Lembar Jawaban Kerja.Dug! Rasanya ingin pingsan pada waktu membaca soalnya. "W aah!Pusing semuua!!" Batin Ara. Dia lalu melirik ke Arah Ardy yang begitu tenang. Dan, kerjasama 'Antarmusuh' (Kayaknya saat ini jadi sahabat dulu ya?) itu pun dimulai. Ara terus meminta jawabannya dari Ardy. Nggak peduli jawabannya mau salah atau bener, yang penting selesai! Oalah, dasaaar!!
Eh! tunggu! Awalnya sih, kerjasamanya mulus, tapi tiba-tiba saja ketahuan pas Ardy melemparkan Kertas berisi Jawaban soal Essay ke Ara. Bu Nia marah besar!!!!!"
"Keluar Kalian berdua!! berdiri di tiang bendera sambil hormat! Jangan masuk sampai bel pulang!!!!!!!!!!!!!!!!!!"
"... Tapi Bu..." Bu Nia menyuruh mereka keluar sekali lagi.Anak-anak lain cuma diam karena takut nyusulin Ara dan Ardy. "Keluar Kalian!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!"Yah, Akhirnya, Ara dan Ardy keluar dan berdiri di tiang bendera."Ini gara-gara lo sih!" Kata Ara menyalahkan.
"Loh, koq Gue?? Kan tadi Lo yang minta Jawaban Essaynya?" "Iya Tapi, Lo nggak ati-ati..." Ara nggak mau kalah. Ardy cuma diam. Ara ngelanjutin Omongannya.".. Eh,Ar. Kenapa Lo bantuin Gue?? Padahal..." Belum selesai ngomong, Ardy buru-buru memotong." Gue benci sama Lo!"Ara Kaget.
"Hah? Ya terus ngapain Lo bantuin Gue??"Ardy diam. "Hey??? Ardy!!!!" Ardy masih tetap diam. "ARDY PRADANA!!!!!! LO DENGER GUE NGGAK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!" Teriak Ara.Ardy nggak merespon sedikitpun. Cowok itu malah pergi."..
"Heh cumi! mau kemana Lo??? Heyy!!! Ardy!!!!!!!!!!!!!!!!! Jangan Pergii!!!!!!!!!!! Oiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii!!" Ara nggak ngerti apa maksud si Ardy.
Benci??? Kalo benci ngapain dia bantuin guee? Ah Bodo!"
Hmm.. sejak itu, si Ara jadi kepikiran mulu sama si Ardy. Dia pengen nanyain apa maksudnya semua itu. Tapi.... terlambat. selama seminggu terakhir, Ardy nggak masuk sekolah. Dan menurut sahabat deketnya si Enggar, Ardy pindah Ke Jogjakarta. Entah kenapa, Koq Ara tiba-tiba jadi sedih. Sampai-sampai bikin heran dua sahabatnya.
".. Lo suka ya, sama Ardy??" Tanya Nita
."Ih, enak aja! sembarangan!!" Kata Ara menyangkal.
" ... Alah, Non! Kalo suka ya suka Aja! nggak usah Bohong!" Kata Vanya menambahkan.
"Ah! rese Lo berdua!"Ara pergi ninggalin Vanya dan Nita. Ya. selama Ardy nggak Ada, rasanya dunia mau hancur. Ara jadi nggak semangat berangkat ke sekolah dua minggu setelah kepindahan Ardy. Ara bener-bener sedih. Sampai Akhirnya......
"Ardy!!!!!!!!!!!!!!! Kenapa lo pergi ninggalin Gue??? Kenapa Ar??? Gue Kangen sama Lo!! sama Jailnya Lo!!! Gue .. kangen Ar!!!!!!!!!!!!!! Gue sayang ama Lo!!!!!!!!!!!!! Aaardy!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!"
Tiba-tiba....
".... Lo kangen Gue? Lo sayang ama Gue???"Ara terkejut. "Ardy Lo balik lagi????!!!"
"Iya. disana nggak ada yang bisa gue jailin. Eh, Tapi Gue nggak Kangen ama Lo Koq! Ihh.."Ara cemberut.
"Gue Juga nggak sayang ama Lo.." Lanjut Ardy. Ara tambah cemberut. Bibirnya makin manyun. ".. Ara, Gue benci sama Lo!!!" "Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!" Ara jadi nangis."Jahat Lo Ardy!!!!" Ardy mendekati Ara."Lho, Koq Lo nangis sih?Maksud gue, Gue beneran cinta ama Lo!!"Ara berenti nangis. "Apa?" "Gue benci sama Lo itu artinya, Gue beneran cinta sama Lo!" Kata Ardy sambil senyum. "Beneran?" Kata ara dengan suara serak.Ardy mengangguk."Ngga Bohong??""Ngga."Ara nggak percaya. Tapi akhirnya, dia menccoba buat pecaya sama Ardy.".. Ra, Gue mau minta maaf ya, soal semua kesalahan Gue sama Lo selama Ini. Gue Jail ama Lo tuh karena..."Ara dengan cepat memotong,"Karena Lo benci ama Gue kan??"Ardy tersenyum."Serius,Ra. Gue minta Maaf. Gue sayang ama Lo. Lo mau gak, jadi cewek gue??"Deg!!"... Nggak ah!""Lho? kenapa?""Gue benci ama Lo! Gue nggak mau jadi cewek Lo!"Ardy kecewa, dan mau ninggalin Ara.
"Gue nggak mau jadi cewek Lo! Gue maunya Jadi pacar Lo, karena Gue Benci sama Lo! Gue beneran cinta sama Lo!!!!!!!!!!!!!!!!!!"Ardy berbalik, dan senyum.
"Gue Juga benciiiiiiiiiiii sama Looooooooooooooo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!" Teriaknya. Wah-wah.. beneran Cinta tuh Kayaknya!***

Tips Temukan Cinta Sejati

          Menemukan cinta sejati tidak semudah membalik telapak tangan, perlu pemikiran dan kondisi yang ideal untuk menentukan bahwa seseorang adalah cinta sejati Anda. Namun ada tips yang dapat membantu menemukan cinta sejati.

1. Jangan mencarinya. Cinta tidak datang pada seseorang yang mencarinya. Jika  memang Anda baru saja mengakhiri suatu hubungan, fokuslah pada diri dan kehidupan pribadi terlebih dahulu. Tidak perlu terburu-buru mencari cinta yang baru, dan nikmati kesendirian Anda.


2. Beri waktu untuk diri sendiri. Temukan aura positif Anda. Jika perasaan puas terhadap diri muncul, maka secara otomatis aura positif itu akan terpancar. Dan orang di sekitar pun akan melihatnya. Itulah daya tarik bagi diri Anda.


3. Jika sudah siap untuk membuka lembaran baru bagi hubungan, maka mulailah memilih karakter pasangan seperti apa yang diidamkan. Tak hanya dari segi fisik namun juga mental dan kepribadian.

4. Bergaul dan hang out. Hal itu akan membuka kesempatan bagi Anda untuk bertemu orang baru. Siapa tahu salah satu di antara mereka adalah cinta sejati Anda.


5. Berani ambil risiko. Jika suatu hari Anda bertemu dengan seseorang yang sesuai dengan kriteria cinta sejati, jangan ragu untuk mengambil langkah. Mulailah perkenalan dan menjalin hubungan. Karena kesempatan tak datang dua kali.

6. Yang paling penting, cintai diri Anda terlebih dahulu. Hiduplah dengan bahagia dan jangan pernah melepaskan harapan. Yakinlah, setiap orang diciptakan berpasangan. Masalahnya hanyalah mendapatkan orang yang tepat, di waktu yang tepat.


Tanpa Kusadari "Aku Cinta Kamu"

kutanya pada bintang dan rembulan

Apa yang sebenarnya terjadi pada aku ini

Disaat kau jauh dariku

Gelisah hati tak tentu arah

Tapi rembulan dan bintang tak mampu menjawab

Kutanya pada matahari

Mengapa aku selalu ingat dia

Selalu ingin bersamanya

Selalu ingin dengar suaranya

Namun matahari pun membisu

Aku kecewa

Tak tau harus berbuat apa

Nuraniku lelah akan pertanyaan

Tanpa jawaban itu

Kutetap mencari dan terus mencari 

Hinggakan kutemui jawaban yang pasti ... nanti

Tak jemu ku mencari sampai akhirnya  

Ku dapati satu jawaban yang pasti

"Aku Cinta Kamu"


Antara Kau Dan Aku

Mungkin hitam adalah diriku

mengkin juga putih adalah dirimu

Perbedaan bukanlah suatu halangan 

Untuk saling memberi 

Disaat aku ingin merobohkanmu 

Begitu pula kau tak suka akan ketangguhanku

Namun ikatan akan tetap erat

Tiada yang dapat kuberikan 

Tiada pula yang ingin kupinta darimu

Bagiku keceriaan saat bersamamu adalah indah

Ketulusan saat berbagi itulah kasih

Maka antara kau dan aku

Jangan pernah saling menyakiti

Dan jangan pernah lagi ada dusta 

Persahabatan ini ... persaudaraan ini ...

Akan tetap abadi sampai nanti

 

Satu Nama

Tlah kumiliki ....

Satu nama dalam hatiku

Dan telah kutemukan 

Desah cinta dalam naluri jiwaku

Yang bergemuruh

Serta merata memanggil namamu

Sehingga keterdampar diduniamu

Yang akhirnya ku mengenalmu dalam cinta

Haruskah kukatakan cinta untukmu

Biar kau tau

Tanpamu ku tak sanggup

Dan ...

Tanpamu ku tak berarti ...


Sangpujaan

Disetiap tidurku yang lelap

Kau hadir dalam mimpiku

Terbayang membayangiku

Tak terlupa akan rupamu

Saat kutermenung

Bayangmu terlihat seakan menghampiriku

Kau pujaanku

Kau dambaanku

Kau isi hatiku

Oh … pujaanku

Akankah kau jadi milikku

Atau bukan milikku

Oh … pujaanku

Selamanya pujaanku …!!!


Cinta Sejati

Kujalani hidup mengaruhi samudra
Mengayuh dayung menjalankan bahtera
Mencari penawar rasa di hati
Mencari makna cinta sejati

Kini ku tahu makna cinta
Cinta bukanlah sekedar rasa
Cinta bukanlah sekedar tutur kata
Dan cinta, bukan sekedar pengorbanan raga

Jika cinta sekedar rasa
Pasti hati kan tersiksa
Jika cinta sekedar ucapan
Manusia pasti dalam kebinasaan
Jika cinta sekedar pengorbanan
Tiada jiwa ini merasa aman

Cinta sejati adalah perasaan
Terungkap dengan ucapan
Tertuang dengan pengorbanan

Hilang

Bintang malam kemanakah ia gerangan?
Tak sedikitpun ia meninggalkan jejak
juga bayang… siang atau malam
Adakah rindu ini harus kugenggam,
Hingga esok hari kujelang…

Ku menyayanginya dari lubuk hati
Tetap merindunya meski t’lah pergi
Ku hanya ingin melihat, namun itu pun tak mungkin lagi
Tidakkah rasa ini harusnya mati

dan hilang dari hidupku ini

Puisi untuk Ayah dan Ibu

Ya Allah,
Rendahkanlah suaraku bagi mereka
Perindahlah ucapanku di depan mereka
Lunakkanlah watakku terhadap mereka dan
Lembutkan hatiku untuk mereka.......

Ya Allah,
Berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya,
atas didikan mereka padaku dan Pahala yang
besar atas kasih sayang yang mereka limpahkan padaku,
peliharalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku.

Ya Allah,
Apa saja gangguan yang telah mereka rasakan
atau kesusahan yang mereka deritakan kerana aku,
atau hilangnya sesuatu hak mereka kerana perbuatanku,
maka jadikanlah itu semua penyebab susutnya
dosa-dosa mereka dan bertambahnya pahala
kebaikan mereka dengan perkenan-Mu ya Allah,
hanya Engkaulah yang berhak membalas
kejahatan dengan kebaikan berlipat ganda.

Ya Allah,
Bila magfirah-Mu telah mencapai mereka sebelumku,
Izinkanlah mereka memberi syafa'at untukku.
Tetapi jika sebaliknya, maka izinkanlah aku
memberi syafa'at untuk mereka,
sehingga kami semua berkumpul bersama dengan santunan-Mu
di tempat kediaman yang dinaungi kemulian-Mu, ampunan-Mu serta rahmat-Mu.
Sesungguhnya Engkaulah yang memiliki Kurnia Maha Agung,
serta anugerah yang tak berakhir
dan Engkaulah yang Maha Pengasih diantara semua pengasih.

Amin Ya Rabbul Alamin..

Kamis, 08 April 2010

BAB 1

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR

 

A. PENDAHULUAN

Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari. Hal ini perlu, karena dirasakan kekurangan pada sistem pendidikan kita, baik pada tingkat menengah, maupun pada tingkat perguruan tinggi. Tanpa memungkiri banyak faktor-faktor lain yang menyebabkannya, salah satu yang penting adalah sistem pendidikan kita. Tidaklah dapat disangkal, bahwa ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia-manusia spesialis yang tidak berpandangan luas.

Dengan mendapat mata kuliah Ilmu Budaya Dasar mahasiswa diharapkan nantinya memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umunya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar dengan demikian mahasiswa diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan kreatif. Salah satu sifat penting mata kuliah ini ialah bahwa ini bukan pelajaran sastra, bukan musik, bukan filsafat, bukan sesuatu disiplin yang berdiri sendiri. Sesuai dengan namanya Budaya Dasar - Kuliah ini hanya memberikan dasar - dasar yang cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala segi kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus menerus mencari kebenaran, keindahan, kebebasan, dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta, Tuhannya, masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri, pendeknya dalam mencari hidup yang dirasanya lebih bermakna. Ini tentu menyangkut sikap moral yang diharapkan memperlengkapi mahasiswa dengan pengalaman luas yang padu yang akan membimbingnya kearah pembentukan ukuran-ukuran, rasa dan nilai-nilai dengan tidak bergantung kepada orang lain. Jadi secara singkat dapatlah dikatakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperlihatkan :

Minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi disekitamya dan di luar lingkungannya, menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa

Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cam hidupnya sehari-hari.

Kerelaan memikirkan kembali dengan Kati terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri.

Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasanya sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.

Latar belakang IBD dalam konteks budaya , negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :

 

Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dan ikatan-ikatan primordial, kesukuan, dan kedaerahan.

 

Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terusmenerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dan pembenturan nilai budaya ini ialah timbulnya konflik dalam kehidupan.

 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi-segi negatif. Akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.

 

B. ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM.

llmu budaya dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi, baik yang sifatnya eksakta maupun yang non eksakta.

Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagi berikut :

Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.

Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.

Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi pennasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun pertahanan keamanan.

Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bennasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan
serta meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama berperan serta didalam
pelestariannya.

C. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.

Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science )

Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah.

Ilmu-ilmu Sosial ( social science )

Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.

Pengetahuan budaya ( the humanities )

Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pemyataan-pemyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

D. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :

Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang bane, terutama untuk kepentingan profesi mereka

Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.

Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memilki satu bekal yang sama, pars akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.

 

E. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditentukan diatas, dua masalah pokok bisa dipakai sebagi bahan pertimbangan untuk menentukan niang lingkup kajian mata kuliah Ihnu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok itu ialah :

Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ), baik dari segi masing-masing keahlian ( disiplin ) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidak seragaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan coral: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :

Manusia dan cinta kasih

Manusia dan keindahan

- Manusia dan penderitaan

- Manusia dan keadilan

- Manusia dan pandangan hidup

Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian

- Manusia dan kegelisahan

- Manusia dan harapan

Kedelapan pokok bahasan itu tennasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya.

        

BAB 3

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

 

A. PENDEKATAN KESUSASTRAAN

IBD, yang semula dinamakan Basic Humanities, berasal dari bahasa Inggris the hu¬manities. Istilah ini berasal dari bahasa latin Humanus, yang berarti manusiawi, berbudaya, dan halus. Dengan mempelajari the humanities orang akan menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Jadi the humanities berkaitan dengan masalah nilai, yaitu nilai kita sebagai homo humanus.
Untuk menjadi homo humanus, manusia harus mempelajari ilmu, yaitu the humani¬ties, disamping tanggung jawabnya yang lain. Apa yang dimasukkan kedalam the humanities masih dapat diperdebatkan, dan kadang-kadang disesuaikan dengan keadaan dan waktu. Hampir disetiap jaman, seni termasuk sastra memegang peranan yang penting dalam the humanities. Ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan, dan hukannya fonnulasi nilai-nilai kemanusiaan seperti yang terdapat dalam filsafat atau agama. Hampir disetiap jaman, sastra mempunyai peranan yang lebih penting. Alasan pertama, karena sastra mempergunakan bahasa. Sementara itu, bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pemyataan kegiatan manusia. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sementara itu filsafat, yang juga mempergunakan bahasa, adalah abstraksi. Cinta kasih, kebahagian, kebebasan, dan lainnya yang digarap oleh filsafat adalah abstrak. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi.
  Sastra juga didukung oleh cerita. Dengan cerita orang lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif. Cabang-cabang seni yang lain juga dapat menarik tanpa cerita, akan tetapi sulit bagi penciptanya mengemukakan gagasanya. Dalam musik misalnya, kata-kata penciptanya tertelan oleh melodinya.
Karena seni memegang peranan penting, maka seniman sebagai pencipta karya seni juga penting, meskipun yang lebih penting adalah karyanya. Seniman adalah media penyampai nilai-nilai kemanusiaan. Kepekaannya menyebabkan dia mampu menangkap hal yang lepas dart pengamatan orang lain.
IBD adalah salah satu mata kuliah yang diberikan dalam satu semester, sebagai bagian dart MKDU. IBD tidak dimaksudkan untuk mendidik ahti-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang tennasuk didalam pengetahuan budaya ( The Humanities ), Akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya.

B. ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA
Istilah prosa banyak padanannya. Kadang-kadang disebut narrative fiction, prose fiction atau hanya fiction saja. Dalam bahasa Indonesia istilah tadi sering diterjemahkan menjadi cerita rekaan dan didefinisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. Istilah cerita rekaan umumnya dipakai untuk roman, atau novel, atau cerita pendek.

Dalam kesusastraan Indoensia kita mengenal jenis pmsa lama dan prosa baru.
A. Prom lama meliputi
1. dongeng-dongeng
2. hikayat
3. sejarah
4. epos
5. cerita pelipur lara

B. prosa barn meliputi
1. cerita pendek
2. roman/novel
3. biografi
4. kisah
5. otobiografi

C. NILAI-NILAI DALAM PROSA FIKSI
Sebagai seni yang bertulang punggung cerita, mau tidak mau lcarya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak langsung membawakan moral, pesan atau cerita. Dengan pezicataan lain prosa mempunyai nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra. Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain :
1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dan membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang dikisahkan. Pembaca dapat mengembangkan imajinasinya untuk mengenal daerah atau tempat yang asing, yang belum dikunjunginya atau yang tak mungkin dikunjungi selama hidupnya. Pembaca juga dapat mengenal tokoh-tokoh yang aneh atau asing tingkah lakunya atau mungkin rumit perjalanan hidupnya untuk mencapai sukses.
2. Prosa fiksi memberikan infonnasi
Fiksi memberikan sejenis infonnasi yang tidak terdapat di dalam ensildopedi. Dalam novel sexing kita dapat belajan sesuatu yang lebih datipada sejarah atau laporan jumalistik tentang kehidupan masa kini, kehidupan masa lalu, bahkan juga kehidupan yang akan datang atau kehidupan yang asing sama sekali.
3. Prosa fiksi memberikan warisan kultural
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.
4. Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman¬pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan labih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.

D. ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
Kepuitisan, keartistikan atau keestetikan bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan :
Pembahasan puisi dalam rangka pengajaran Ilmu Budaya Dasar tidak akan diarahkan pada tradisi pendidikan dan pengajaran sastra dan apresiasinya yang mumi. Puisi dipakai sebagai media sekaligus sebagai sumber belajar sesuai dengan tema-tema atau pokok bahasan yang terdapat di dalam Ilmu Budaya Dasar.
1. Figura bahasa ( figurative language ) seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori, dsb sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan memberi kejelasan gambaran angan.
2. Kata-kata yang ambiquitas yaitu kata-kata yang bermakna ganda, banyak tafsir.
3. Kata-kata berjiwa yaitu kata-kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi perasaan dan pengalaman jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau.
4. Kata-kata yang konotatif yaitu kata-kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa dan asosiasi-asosiasi tertentu.
5. Pengulangan, yang berfungsi untuk mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan, sehingga lebih menggugah hati

Adapun alasan-alasan yang mendasari penyajian puisi pada perkuliahan Ilmu Budaya Dasar adalah sebagai berikut :
1. Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia.
Perekaman dan penyampaian pengalaman dalam sastra puisi disebut "pengalaman perwakilan". Ini berarti bahwa manusia senantiasa ingin memiliki salah satu kebutuhan dasamya untuk lebih menghidupkan pengalaman hidupnya dari sekedar kumpulan pengalaman langsung yang tethatas.
2. Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual.
Dengan membaca puisi mahasiswa dapat diajak untuk dapat menjenguk hati/pikiran manusia, baik orang lain maupun did sendiri, karena melalui puisinya sang penyair menunjukkan kepada pembaca bagian dalam hati manusia, ia menjelaskan pengalaman setiap orang.
3. Puisi dan keinsyafan sosial
Puisi juga memberikan kepada manusia tentang pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial, yang terlibat dalam isue dan problem sosial. Secara imaginatif puisi dapat menafsirkan situasi dasar manusia sosial yang bisa berupa :
- penderitaan atas ketidak adilan
- perjuangan untuk kekuasaan
- konflik dengan sesamanya
- pemberontakan terhadap hukum Tuhan

BAB 2

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

 

A. MANUSIA

Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi), manusia merupakan mahluk sosial yang tidal( dapat berdiri sendiri (sosiologi), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (politik), mahluk yang berbudaya, sering disebut homo-humanus (filsafat), dan lain sebagainya.

Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia

1) Manusia itu terdiri dari empat unsur yang sating terkait,  yaitu

a. Jasad, yaitu : badan kasar manusia yang nampat pada luamya, dapat diraba dan difoto, dan menempati ruang dan waktu ( hal 62)

b. hayat, yaitu : mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak (hal 66)

c. ruh, yaitu : bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahimya kebudayaan (hal 77)

d. nafs, dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri (hal 79). ( Asy'arie, 1992 hal : 62-84)

2) Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :

a. Id, yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak.

b. Ego, merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian "eksekutif' karena peranannya dalam menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.

c. Superego, merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kita-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan ekstemal.

 

 

B. HAKEKAT MANUSIA

Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.

Tubuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi tidak abadi. Jika manusia itu meninggal, tubuhnya hancur dan lenyap. Jiwa terdapat didalam tubuh, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, sifatnya abstrak tetapi abadi. jika manusia meninggal, jiwa lepas dari tubuh dan kembali ke asalnya yaitu Tuhan, dan jiwa tidak mengalami kehancuran. Jiwa adalah roh yang ada di dalam tubuh manusia sebagai penggerak dan sumber kehidupan.

Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mahluk lainnya.

Kesempumaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh penciptanya dengan akal, perasaan, dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia. Dengan akal (ratio) manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mahluk biokultural, yaitu mahluk hayati yang budayawi

Manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi faktor-faktor hayati dan budayawi. Sebagai mahluk hayati, manusia dapat dipelajari dari segi-segi anatomi, fisiologi atau faal, biokimia, psikobiologi, patologi, genetika, biodemografi, evolusi biologisnya, dan sebagainya.

Mahluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan tekologi), mempunyai ikualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya

Soren Kienkegaard seorang filsuf Denmark pelopor ajaran "eksistensialisme" memandang manusia dalam konteks kehidupan konkrit adalah mahluk alamiah yang terikat dengan lingkungannya (ekologi), memiliki sifat-sifat alamiah dan tunduk pada hukum alamiah pula. Hidup manusia mempunyai tiga taraf, yaitu estetis, etis dan religius. Dengan kehidupan estetis, manusia mampu menangkap dunia sekitamya sebagai dunia yang mengagumkan dan mengungkapkan kembali (karya) dalam lukisan, tarian, nyanyian yang indah.

 


C. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Banyak orang masih sering mempersoalkan perbedaan antara kebudayaan Barat dan kebudayaan Timur. Padahal konsep itu berasal dari orang Eropa Barat dalam zaman ketika mereka berexpansi menjelajahi dunia, menguasai wilayah luas di Afrika, Asia dan Oseania, dan memantapkan pemerintah-pemerintah jajahan mereka dimana-mana. Semua kebudayaan di luar kebudayaan mereka di Eropa Barat disebutnya kebudayaan Timur, sebagai lawannya kebudayaan mereka sendiri yang mereka sebut kebudayaan Barat.

Orang-orang yang sering mendiskusikan kontras antara kedua konsep tersebut secara populer, bisanya menyangka bahwa Kebudayaan Timur lebih mementingkan kehidupan kerohanian, mistik, pikiran preologis, keramahtamahan, dan gotong royong. Sedangkan kebudayaan Barat lebih mementingkan kebendaan, pikiran logic, hubungan asas guna (hubungan hanya berdasarkan prinsip guna), dan individualisme.


D. PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Kebudayaan jika dikaji dan asal kata bahasa sansekerta berasal dan kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin, kebudayaan berasal dan kata colere, yang berarti mengolah tanah. jadi kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai "segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya:, atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannya ". Budaya dapat pula diartikan sebagai himpunan pengalaman yang dipelajari, mengacu pada pola-pola perilaku yang ditularkan secara sosial, yang merupakan kekhususan kelompok sosial tertentu.

 

E. UNSUR - UNSUR KEBUDAYAAN

C.Kluckhohn di dalam karyanya berjudul Universal Categories ofCulture mengemukakan, bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal,yaitu :

1. Sistem Religi (sistem kepercayaan)

Merupakan produk manusia sebagai homo religieus. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahwa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karena itu manusia takut, sehingga menyembahnya dan lahirlah kepercayaan yang sekarang menjadi agama.

2. Sistem organisasi kemasyarakatan

Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa tubuhnya lemah, namun memiliki akal, maka disusunlah organisasi kemasyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

3. Sistem pengetahuan

Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu didapat juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat- ingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas.

4. Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi

Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.

5. Sistem Teknologi dan Peralatan

Merupakan produk dari manusia sebagai homo faber. Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengan erat,manusia dapat membuat dan mempergunakan alat. Dengan alat-alat ciptaaimya itulah manusia dapat lebih mampu mencukupi kebutuhannya daripada binatang

6. Bahasa

Merupakan produk dari manusia sebagai homo longuens. Bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempumakan dalam bentuk bahasa lisan, dan akhimya menjadi bentuk bahasa tulisan.

7. Kesenian

Merupakan hasil dari manusia sebagai homo aesteticus. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya, maka dibutuhkan kebutuhan psikisnya untuk dipuaskan. Manusia bukan lagi semata-mata memenuhi kebutuhan isi perut saja, mereka juga perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian.

F. WUJUD KEBUDAYAAN

Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu

1. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia :

Wujud ini disebut sistem budaya, sifatnya abstrak, tidal( dapat dilihat, dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya, atau dengan perkataan lain, dalam alam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan bersangkutan hidup.

2. Kompleks aktivitas :

Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat kongkret, dapat diamati atau diobservasi. Wujud ini sering disebut sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dariaktivitas-aktivitas manusia-manusia yang berinteraksi, berhubungan, serta bergaul satu dengan yang lain dari detik ke detik, dari hari ke hari, dan dari tahun ke tahun, selalu menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan.

3. Wujud sebagai benda :

Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya. Aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan benda untuk berbagai keperluan hidupnya.

Ketiga wujud dari kebudayaan tadi, dalam kenyataan kehidupan masyarakat tak terpisah satu sama lain. Kebudayaan ideal dan adat istiadat mengatur dan memberi arah kepada tindakan-tindakan dan karya manusia.

 

G. ORIENTASI NILAI BUDAYA

Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhohn dalam karyanya Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia, yaitu :

1. Hakekat hidup manusia ( MH )

Hakekat hidup untuk setiap kebudayaan berbeda secara ekstem; ada yang berusaha untuk memadamkan hidup, ada pula yang dengan pola-pola kelakuan tertentu menganggap hidup sebagai suatu hal yang baik, "mengisi hidup"

2. Hakekat karya manusia ( MK )

Setiap kebudayaan hakekatnya berbeda-beda, diantaranya ada yang beranggapan bahwa karya bertujuan untuk hidup, karya memberikan kedudukan atau kehonnatan, karya merupakan gerak hidup untuk menambah karya lagi.

3. Hakekat waktu manusia ( WM )

Hakekat waktu untuk setiap kebudayaan berbeda; ada yang berpandangan mementingan orientasi masa lampau, ada pula yang berpandangan untuk masa kini atau masa yang akan datang.

4. Hakekat alam manusia ( MA )

Ada kebudayaan yang menganggap manusia hams mengeksploitasi alam atau memanfaatkan alam semaksimal mungkin, ada pula kebudayaan yang beranggapan manusia hams harmonis dengan alam dan manusia hams menyerah kepada alam.

5. Hakekat hubungan manusia ( MN )

Dalam hal ini ada yang mementingkan hubungan manusia dengan manusia, baik secara horizontal (sesamanya) maupun secara vertikal (orientasi kepada tokoh-tokoh). Ada pula yang berpandangan individualistis ( menilai tinggi kekuatan sendiri ).


H. PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Terjadinya gerak atau perubahan ini disebabkan oleh beberapa hal :

Sebab-sebab yang berasal dan dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.

Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah lebih cepat.

Perubahan ini, selain karena jumlah penduduk dan komposisinya, juga karena adanya difusi kebudayaan, penemuan-penemuan baru, khususnya teknologi dan inovasi.

 

I. KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain. Proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap yaitu :

Ekstemalisasi, yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya. Melalui ekstemalisasi ini masyarakat menjadi kenyataan buatan manusia.

 

Obyektivasi, yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia. Dengan demikian masyarakat dengan segala pranata sosialnya akan mempengaruhi bahkan membentuk perilaku manusia.

 

Intemalisasi, yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. Maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali masyarakamya sendiri agar dia dapat hidup dengan .baik, sehingga manusia menjadi kenyataan yang dibentuk oleh masyarakat.

 

Total Tayangan Halaman