My Melody Is Cute

Rabu, 27 April 2011

Dampak Kenaikan Harga Bagi Konsumen

Sebelum membahas mengenai dampak kenaikan harga bagi konsumen, ada baiknya akan saya jelaskan sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan konsumen itu sendiri. Konsumen adalah orang yang mengkonsumsi atau menggunakan sebuah barang atau jasa untuk kepentingan dirinya sendiri, keluarga ataupun orang lain. Konsumen merupakan seseorang yang memakai atau menggunakan suatu barang yang diproduksi. Konsumen dapat dibagi menjadi beberapa jenis lagi, diantaranya adalah konsumen tingkat ke atas dimana ia senantiasa menggunakan barang atau jasa yang nilai barangnya tinggi.

Contoh : Mobil, rumah, Komputer dll, Konsumen yang kedua adalah konsumen tingkat menengah yaitu jenis konsumen yang menggunakan barang atau jasa dengan nilai ekonomi menengah, tidak mahal tidak juga terlalu murah, contoh : handphone, sepatu tas dll. dan tingkat konsumen yang ketiga atau yang terakhir adalah konsumen tingkat kebawah atau konsumen yang kurang mampu, ia hanya bisa mengkonsumsi suatu barang guna memenuhi kebutuhannya sendiri.

sebenarnya tingkatan konsumen itu bisa disamakan dengan tingkatan taraf hidupnya, jika seseorang itu kurang mampu maka ia hanya bisa mengkonsumsi suatu barang yang hanya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari, contohnya: bahan makanan. Jika harga bahan makanan naik, maka orang yang kurang mampu tersebut akan memutar otaknya supaya ia bisa mendapatkan bahan makanan tersebut, entah dengan berusaha keras bekerja, namun apabila sudah tidak mampu bekerja lagi untuk mendapatkan uang guna membeli bahan makanan itu maka ia pun pasti akan mencari suatu alternatif dari bahan makanan itu, contohnya jika ia tidak mampu membeli beras, maka ia akan memakan singkong, ubi, dan jika tidak bisa menemukan bahan makanan tersebut ia akan memakan nasi aking (nasi yang sudah basi yang dikeringkan).

Intinya, yang terpenting dari dampak kenaikan harga bagi konsumen adalah, dari sisi konsumen adalah dengan mencari alternatif pengganti barang yang tidak mampu dibeli tersebut, mungkin juga jika benda tersebut berjenis barang elektronik maka ia akan mencari barang tiruannya yang harganya lebih murah atau membeli barang sitaan lewat jalur Black Market, jika benda tersebut berbentuk kaset CD atau DVD, maka ia akan mencari bajakannya, intinya apapun akan dilakukan guna memuaskan kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman